Senin, 18 September 2017

Jabatan Tugas dan Uraian Tugas - Bab II - Administrasi Umum

Kompetensi Dasar                   :
3.2     Menganalisis jabatan, tugas dan uraian pekerjaan
4.2     Membuat uraian tugas setiap tingkatan jabatan administrasi



Pengertian Oganisasi
Menurut Kamus Administrasi, Organisasi adalah suatu usaha kerjasama dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Organisasi adalah kesatuan (susunan) yang terdiri atas bagian-bagian (orang) dalam perkumpulan untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut James D Mooney, Organisasi adalah setiap bentuk perserikatan manusia untuk mencapai suatu tujuan Bersama

Menurut Chester I. Bernard, Organisasi adalah suatu sistem mengenai usaha-usaha kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Menurut J. William Schulze, Organisasi adalah suatu pengabungan dari orang-orang, benda-benda, alat-alat perlengkapan, ruang kerja dan segala bentuk yang bertalian dengannya, yang dihimpun dalam hubungan yang teratur dan efektif untuk mencapai suatu tujuan yang di inginkan.

Prinsip-Prinsip Organisasi
a.       Prinsip perumusan tujuan
b.      Prinsip pembagian kerja
c.       Prinsip pendelegasian kekuasaan / wewenang
d.      Rentang manajemen
e.       Tingkat pengawasan
f.       Kesatuan perintah dan tanggung jawab
g.      Koordinasi

Tujuan Organisasi
a.       Untuk mengatasi terbatasnya kemandirian untuk mencapai tujuan
b.      Untuk mencapai tujuan dengan efisiensi
c.       Untuk mendapatkan pembagian kerja dan jabatan
d.       untuk mengelola lingkungan bersama
e.       Untuk mendapatkan penghargaan
f.       Untuk mendapatkan pengawasan dan kekuasaa
g.      Untuk menambah pergaulan dan memanfaatkan waktu luang

Jabatan dalam Organisasi
Organisasi pada umumnya :
a.       Ketua
b.      Sekretaris
c.       Bendahara
d.      Anggota

Organisasi sekolah :
a.       Kepala sekolah
b.      Wakil kepala sekolah
c.       Bendahara sekolah
d.      Ketua jurusan

Organisasi / Perusahaan Swasta
a.       Kepala kantor / Direktur Kantor
b.      Manajerial
c.       Staff / pembantu ahli
d.      Kepala personalia / HRD
e.       Kepala tata usaha / kepala administrasi

Tugas Jabatan Organisasi
a.       kepala kantor / direktur bertugas memantau , bertanggung jawab dan mengatur kelancaran aktivitas kantor
b.      Manajerial bertugas meminpin dalam pelaksanaan fungsi manajemen
c.       Staf pembantu ahli bertugas membantu administrator dan manajer dalam melaksanakan pekerjaan kantor \
d.      Kepala personalia bertugas menentukan tenaga kerja yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan

e.       Kepala tata usaha bertugas menentukan kebijakan dan tujuan yang harus dijalankan serta memberikan pelayanan teknik dan administrasi kepada semua unit di bidang ketatausahaan 



Berbagai sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perbedaan Tanggung Jawab Direksi dan DIrektur ^^

Tugas Direktur Antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, tugas direktur tentu berbeda-beda, tetapi secara prinsip, tugas direktur di...